Pemeriksaan Dokumen Calon Mahasiswa SBMPTN FISIP UNS 2016

Rabu, 20 Juli 2016, pukul 09.00 -14.00 WIB,  telah dilaksanakan pengecekan dokumen atau  ondesk dan registrasi calon mahasiswa baru Program Sarjana  Universitas Sebelas Maret Tahun 2016 berdasarkan Hasil Seleksi Calon Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN Universitas Sebelas Maret Tahun 2016.

Semua calon mahasiswa baru program sarjana UNS tahun akademik 2016/2017 yang lolos dalam seleksi tersebut  diwajibkan melakukan registrasi, pembayaran biaya pendidikan yang berupa uang kuliah tunggal UKT, mengisi biodata online dan melakukan  pemeriksaan dokumen dan kesehatan (Registrasi On-desk) di fakultas masing-masing. dengan prosedur dan ketentuan yang telah diatur dalam peraturan  yang tertuang dalam  http://spmb.uns.ac.id,

Khusus Bagi calon penerima Beasiswa Bidikmisi diharuskan mengisi dan mengunggah file Surat Pernyataan Bersedia Diverifikasi melalui laman http://spmb.uns.ac.id/ukt  pada tanggal 2 Juli 2016, kemudian akan mendapatkan PIN untuk mengisi formulir registrasi online, tanpa perlu melakukan pembayaran UKT terlebih dahulu. Pembayaran UKT wajib dilakukan bagi mahasiswa calon penerima Bidikmisi yang tidak lulus verifikasi dan calon mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengajukan sanggahan terhadap besaran UKT yang ditetapkan dengan memberikan bukti-bukti pendukung secara online di http://spmb.uns.ac.id/sanggah dimana masa pengajuan sanggah besaran uang kuliah tunggal dilakukan antara tanggal 8-9 Juli 2016 serta  mengikuti  wawancara dengan membawa bukti-bukti pendukung

Menurut Kasubbag Akademik, Aris Suryanto, S.Sos dari 180an peserta yang dianggap lolos dalam Hasil Seleksi Calon Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN Universitas Sebelas Maret Tahun 2016 hanya 149 orang yang melakukan  pemeriksaan dokumen atau ondesk pada hari itu terdiri dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara 39 orang, Prodi Ilmu Komunikasi 52 orang, Prodi sosiologi 32 orang dan Prodi Hubungan Internasional 26 orang.

Di FISIP UNS kegiatan ini dipusatkan di Gedung 3 dan  Publik Space 1 karena berbarengan dengan kegiatan  Silaturohim tahunan FISIP UNS 2016. Rea Public space dijadikan sebagai Pusat informasi  bagi calon mahasiswa baru yang membutuhkan informasi dan bantuan informasi yang dihandle langsung oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan panitia pengenalan kampus FISIP UNS.  Hal ini dikarenakan adanya beberapa dokumen yang harus dipersiapkan seperti bukti pembayaran asli dari bank, Ijin tertulis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemristekdikti (Bagi warga negara Asing), dan ljasah/Surat Keterangan Lulus (SKL) asli, yang terkadang lupa tidak dibawa oleh calon mahasiswa baru tersebut.

Selain itu ada beberapa sanksi bagi  calon mahasiswa yang akan dibatalkan haknya sebagai mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret, apabila ternyata tidak memenuhi persyaratan registrasi sebagaimana telah ditetapkan di atas, memberikan keterangan yang tidak benar dan keterlambatan registrasi dari jadwal yang telah ditetapkan. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: