Peningkatan KPI Bentuk Oleh-Oleh Kegiatan ICPM 2016, Kunming – China

3_Bu Dekan dengan Para Co HostPada tanggal 14 Juli 2016, Tim dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret bertolak dari Jakarta menempuh penerbangan selama delapan jam menuju Kunming, China untuk presentasi hasil riset yang disajikan dalam bentuk paper di International Conference on Public Management (ICPM) yang ke 4, 15-17 Juli 2016.  ICPM 2016 mengambil tema “Inovation in Regional Public Service for Sustainability”, diselenggarakan oleh host Yunnan University of Finance and Economics, China, dengan cohost: Burapha University (Thailand) beserta lima universitas dari Indonesia, yaitu: Universitas Sebelas Maret, Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Diponegoro, Universitas Jember, Universitas PGRI Semarang. Tim Presenter terdiri dari delapan orang dosen dan satu orang mahasiswa, yaitu: Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, MSi, Monika Sri Yuliarti, S.Sos, M.Si, Dr. Kristina Setyawati, M.Si, Dr. Didik Gunawan Suharto, M.Si, Dra. Sri Yuliani, M.Si, Dra. Sri Yuliani, M.Si, Dr. Rina Herlina Haryanti, M.Si, Rutiana Dwi W,  dan satu orang mahasiswa yaitu Achmad Sofiyudin.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Dr Rutiana, rombongan tiba di Kunming tanggal 15 Juli 2016, jam 02.30, setelah mengalami delay penerbangan kurang lebih tiga jam. Akomodasi tim berada di lokasi penyelenggaraan acara konferensi, yaitu di Kunming Dianchi Garden Hotel.  Rangkaian kegiatan dimulai dengan registrasi peserta dan welcome lunch.  Selanjutnya, pada sessi malam Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si sebagai organizing vice chairs, melakukan koordinasi dengan host dan lima co host lainnya dalam session Preparatory meeting.   Dr. Kristina Setyawati, M.Si sebagai kepala program studi Administrasi Negara dan Monika Sri Yuliarti, S.Sos, M.Si sebagai Koordinator Tim  mendampingi Dekan FISIP UNS dalam rapat tersebut.17_full team UNS - ICPM Host

Opening ceremony ICPM 2016 dibuka oleh  Hu Haiyan, Vice Presiden of Yunan University of finance and Economics, pada 16 Juli 2016 China dilanjutkan Welcome Speech dari Host dan perwakilan co-host penyelengara ICPM 2016.  Acara dilanjutkan dengan sesi Foto Bersama participant ICPM 2016.  Selanjutnya sessi keynote address dari Yunnan University of Finance and Economics (China), Burapha University (Thailand), Universitas Sebelas Maret, Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Diponegoro, Universitas Jember, Universitas PGRI Semarang. Dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Astuti, MSi sebagai keynote address dengan presentasi “Gender Budgeting Implementation the Ability on Gender Analysis of Regional Work Unit in North Sulawesi”.

Berikutnya sessi Guest Speaker sebagai forum diskusi membahas topik Innovation in Regional Public Service for Sustainability, menghadirkan perwakilan dari 7 universitas (Yunnan University of Finance and Economics – China, Burapha University -Thailand, Universitas Sebelas Maret, Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Diponegoro, Universitas Jember, Universitas PGRI Semarang) sebagai narasumber.  Pada sessi tersebut Monika Sri Yuliarti, S.Sos, M.Si mewakili UNS sebagai narasumber mengulas permasalahan berdasar temuan risetnya dan diungkapkan melalui gagasannya  tentanta Smart City and Media: When Kompas Online Talks About Smart cities in Indonesia”.

Setelah makan siang konferensi dilanjutkan dengan presentasi paper yang diselenggarakan secara pararel dalam lima kelompok.  Tim Fisip UNS tersebar dalam empat kelompok ruang.  Di Ruang 2 ada Achmad Sofiyudin menyajika paper dengan judul “Self Help Group (SHG): Toward Increasement Prosperous Tobacco Farmers in Temanggung Regency at Indonesia”.Di Runag 3, Dr. Rina Herlina haryanti, M.Si menyajikan paper “Employment Policies for Women with Disabilities: Utopia or Dystopia Welfare: A Case Study on Surakarta City, Central Java, Indonesia”.  Pada ruang yang sama paper “Inclusion-Elitist Paradox in Participatory Public BudgetingA Case Study on Surakarta City, Central Java, Indonesia” disajikan oleh Dr. Rutiana Dwi W.  Di Ruang 4 ada tiga presenter, yaitu (1) Dr. Didik Gunawan Suharyo, M.Si dengan paper “Public Service Quality of Village Government In Intergovernmental Relations Perspective”, (2) Dra. Sri Yuliani, M.Si dengan paper “Cultural Barriers in Involving Children in Development Planning The Case of Surakarta Children Forum”, (3) Dr. Kristina Setyowati, M.Si dengan paper Innovation of Service Quality in City Bus Transportation”. Terakhir di Ruang 5 ada Dra. Rahesli Humsona, M.Si dengan paper “Reproductive Health Education For Adolescents:A Study On Surakarta City “.

22.a._bu Dekan menyerahkan cendera mata dari UNS kepada MitraSetelah sessi presentasi pararel dilanjutkan penyampaian komentar oleh penanggungjawab kelompok diskusi dari setiap ruangan tentang catatan rekomendasi dari para presenter terkait isu yang menjadi tema konferensi, yaitu apa saja yang ditemukan oleh para presenter tentang best practice, lesson learned, dan rekomendasi penelitian lanjutan untuk menguatkan keberlanjutan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di wilayah masing-masing negara.  Dalam sessi ini kesimpulan dan rekomendasi forum konferensi internasional untuk manajemen publik disampaikan secara pleno,

Berikutnya adalah sessi penutupan konferensi.  Acara ditutup dengan serah terima symbol bendera konferensi dari Yunan Yunnan University of Finance and Economics, China, kepada Burapha University di Thailand) sebagai calon penyelenggara ICPM (International Conference on Public Management ke lima pada tahun 2017.  Penyerahan souvenir dari Burapha University kepada Host beserta co-host sebagai penanda kesiapan kerjasama di ICPM 2017. Setelah penutupan dilanjutkan acara makan malam di Restoran Halal Haiwan bersama panitia penyelengggara dengan seluruh partisipan ICPM.  Rencana keberlanjutan ICPM adalah The Fifth ICPM (ICPM 2017) yang akan diselenggarakan di Chiang Mai dengan topik “Interntionl collaboration for Innovation in Public management, tanggal 3 November 2017, dengan Host utama Burapha University – Thailand.

Setelah acara konferensi, panitia penyelenggara menyediakan fasilitas bagi peserta untuk mengenal destinasi wisata unggulan Stone Forest di daerah Shilin-Yunan dengan menempuh perjalanan selama delapan jam untuk pulang-pergi ke lokasi.  Forest stone merupakan hutan batu kapur, yang mendapatkan penghargaan dari UNESCO ditetapkan sebagai World Heritage Sites sebagai bagian dari South China Karst.  Dari Forest Stone panitia mengantar peserta makan siang di rumah makan muslim.  Selanjutnya panitia mengantar pesert wisata ke Yunnan Luyu Tea Culture Exchange Center mencicipi aneka teh yang terkenal sebagai produk asli wilayah Yunan, yaitu Puerh Tea.  Rangkaian acara outing yang difasilitasi panitia penyelenggara ICPM 2016 ditutup dengan makan malam di rumah makan halal.

23_excursionTanggal 18 Juli 2016 tim FISP UNS check out dari Kunming Dianchi Garden Hotel jam 08.00, diantar oleh panitia menuju Bandara Kunming Changshui untuk penerbangan ke Xiamen Gaogi International Airport untuk transfer pesawat ke Jakarta.  Rombongan tiba di Jakarta tengah malam, sehingga Tim menginap di hotel Kryad.  Tanggal 19 Juli 2016 Tim kembali ke Kota Surakarta dengan penerbangan Garuda Indonesia pada pukul 12.10 (Maryani Humas)

print

Share This: