Ujian Terbuka Kandidat Doktor Drs. Supriyadi, SN, SU

Doc2Rabu, 1 Juni 2016 pukul 13.00 di  Ruang Sidang II Universitas Sebelas Maret  Jalan  Ir. Sutami 36A Kentingan, Surakarta. telah dilangsungkan Ujian Terbuka Promosi Doktor Program Studi Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat Pascasarjana UNS salah satu Dosen dari Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Drs. Supriyadi SN, SU dengan judul disertasi : Tanggung Jawab Sosial Pesantren dalam Gerakan Masyarakat Anti Korupsi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Pabelan, Magelang – Jawa Tengah) dengan  Promotor Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS., Ko Promotor I  Prof. Dr. RB. Soemanto, MA., Ko Promotor II : Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd..

Menurut hasil penelitiannya, Supriyadi menyampaikan bahwa strategi pelaksanaan kebijakan tanggung jawab sosial pesantren menerapkan pola ‘top down’ sejak Kiai Hamam masih dibutuhkan, dan dengan pola ‘bottom up’ oleh Yayasan Wakaf Pondok Pabelan dianggap memenuhi karakteristik organisasi pesantren modern, yang memberi ruang kegiatan bagi santri agar memiliki  kebebasan berpikir dan bergerak, serta melalui sistem pendidikan terpadu  yang diwarisi dari model pendidikan Kiai Hamam, walaupun tetap  menerapkan sistem sorogan dan bandongan untuk pendalaman ilmu Al Quran dan kitab kitab lainnya. Dan sebagai bentuk tanggung jawab sosial pesantren meliputi penanaman nilai-nilai keislaman dan kepesantrenan, penggalian potensi santri berdasar konsep Panca Jiwa, pengembangan keilmuan dan kebudayaan merdasarkan pada  motto pesantren untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai dasar anti korupsi.

Beliau juga menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi tanggung jawab sosial pesantren yaitu  faktor kiai karena peran perannya, faktor sistem pendidikan terpadu Pesantren Pabelan dimana proses pembelajaran yang melibatkan santri, faktor dukungan masyarakat, faktor dukungan LSM dan Pemerintah untuk input pembaruan; guna pemberdayaan santri  dalam gerakan masyarakat anti korupsi menurut strategi kebijakan dan perencanaan berdasarkan  tahapan yang strategis, serta telah dirancang proposed model tanggung jawab sosial pesantren dalam gerakan masyarakat anti korupsi  yang ideal di Pondok Pesantren Pabelan Magelang, Jawa Tengah.

Dengan selesainya ujian terbuka Drs Supriyadi SN, SU. maka sampai saat ini Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret telah memiliki satu tambahan Doktor baru yang ke 15. Selamat!!!! (Maryani FISIP UNS)

  

print

Share This: