“COMMVIS 2016” (Communication Visit 2016)

3Kapita Selekta Public Relations (PR) dan Komunikasi Bisnis merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan pada Program studi  Ilmu Komunikasi di  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Dari kedua matakuliah yang ditawarkan ini  setiap mahasiswa diharapkan  mampu memahami, mengolah informasi, serta mengaplikasikan kompetensi-kompetensi public relation (PR) dan komunikasi bisnis tidak hanya dalam segi keilmuan namun juga secara praktek di industri, hal ini yang mendasari pentingnya  kegiatan  kunjungan perusahaan dan  divisi-divisinya.

Kegiatan Ke PR-an dan komunikasi bisnis merupakan salah satu praktek komunikasi yang sangat penting bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Mengingat perannya dalam dunia industri sangatlah besar,  dengan mengaplikasi kedua mata kuliah ini  nantinya  diharapkan dapat mempengaruhi mahasiswa dalam melihat  berbagai aspek dalam perusahaan seperti tujuan praktis perusahaan, pertukaran informasi antar stakeholder, saluran-saluran komunikasi, hingga simbol-simbol yang digunakan dalam perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, maka FISIP UNS  sebagai lembaga pendidikan formal berusaha memenuhi tuntutan dunia kerja dengan membekali mahasiswanya melalui program pendidikan yang menyeluruh lewat teori-teori dan praktek salah satunya dengan  kunjungan industri  sehingga dapat menciptakan konsep belajar praktik bersama tim professional  dalam bentuk nyata.

Kegiatan kunjungan perusahaan yang dineri tema “COMMVIS 2016” (Communication Visit 2016) ini  dilaksanakan di PT. Angkasa Pura Tbk Semarang dan PT. Indosat Persero Tbk. Jalan Pandanaran nomer 131 Semarang 50134  Jawa Tengah, Indonesia,   Senin, 16 Mei 2016, berangkat dari Solo pukul 06.00 WIB.Peserta kunjungan perusahaan ini terdiri dari dosen pendamping dan mahasiswa Ilmu Komunikasi Non Reguler 2015, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret yang berjumlah 77. Dengan rincian sebagai berikut Dosen pendamping 4 orang, dan mahasiswa 73 orang.1

Menurut Likha Angreni, salah satu dosen pembimbing  kegiatan kunjungan ini merupakan kunjungan mahasiswa FISIP UNS  ke perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan tujuan mata kuliah Kapita PR dan Komunikasi Bisnis. Dengan kegiatan ini diharapkan  dapat menjadi salah satu cara memperluas wawasan mahasiswa, memberi pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang praktek-praktek kehumasan (PR) dan komunikasi bisnis baik secara tertulis maupun lisan,  negoisasi, maupun diskusi bisnis yang terjadi dalam lingkup PT. Indosat Persero Tbk serta  memahami arus informasi, pesan-pesan bisnis, dan hal-hal penting dalam konteks komunikasi bisnis baik dalam lingkup internal maupun eksternal pada PT. Indosat Persero Tbk. (Maryani Humas)

print

Share This: