Penjajakan Kerjasama Prodi Ilkom UNS dan Prodi Ilkom Udinus Semarang

Selasa 19 April 2016 bertempat di Aula kecil Fakulitas Ilmu Sosial dan Politik Universitas sebelas Maret  (FISIP UNS) pukul 13.30-16.00 WIB telah dilaksanakan penjajakan kerjasama antara Program Studi/Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS dan Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Dalam kegiatan tersebut hadir 10 Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Udinus Semarang yang dipimpin langsung oleh Kepala Program Studi Dr. Y. Tyas Catur Pramudi, S.Si, M.Kom, sedangkan dari FISIP UNS terdiri dari Jajaran Dekanat terdiri dari Dekan, prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si  dan  Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Drs. Hamid arifin, M.Si, Kepala Prodi Ilmu Komunikasi Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D, beberapa dosen spesialisasi dan pejabat struktural di lingkungan FISIP UNS.

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus menyambut baik penjajakan kerjasama yang nanti akan dilaksanakan mengingat saat ini Universitas Sebelas Maret sedang mempersiapkan berbagai macam kegiatan yang dapat meningkatkan Key Indeks Performance (KPI) berdasarkan  Internasionalisasi berbudaya nasional melalui  kolaborasi riset  dan penulisan buku atau jurnal   terindeks baik nasional maupun internasional. Selain itu  Beliau juga menyampaikan kemungkinan bahwa kerjasama ini bisa ditindaklanjuti bukan hanya ditingkat program studi saja melainkan ditingkat fakultas bahkan universitas mengingat   program studi yang ada di FISIP UNS  ada beberapa program studi lain yang saling melengkapi.

Sedangkan Kaprodi  Ilmu Komunikasi  Udinus  Dr. Y. Tyas Catur Pramudi, S.Si, M.Kom, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan ke FISIP UNS selain menjajaki kerjasama antara dua programs studi ini juga menyampaikan keinginan saling melengkapi mengingat Pogram Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro baru mendapatkan ijin penyelenggaraan program studi dari DIKTI melalui surat keputusan Nomor 564/E/O/2013 tanggal 25 September 2013 sehingga keberadaannya masih baru meskipun program studi ini telah  mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat misalnya di tahun 2014 Progdi IlKom  sudah mempunyai mahasiswa baru sebesar 110 mahasiswa,  dan jumlah ini  cukup besar bagi program studi yang baru lahir.

Prodi Ilmu Komunikasi  Udinus  memiliki visi  menjadikan  program studi pilihan utama di bidang komunikasi dengan keunggulan penguasaaan kompetensi komunikasi berbasis teknologi informasi dan creativepreneurship. Hal  ini sejalan dengan visi Universitas  Udinus yaitu menjadi universitas pilihan utama bidang pendidikan dan wirausaha.  Saat ini  Udinus juga telah  memiliki TV Komersial  (TV KU) di Jawa tengah, dan memiliki program studi D3 Broadcast, memiliki studio yang lengkap sebagai laboratorium sehingga dapat dijadikan bahan pembanding  dan pembelajaran karena di UNS juga ada TV UNS dan laboratorium multimedia yang dimiliki termasuk baru dan canggih. Program spesialisasi di Prodi Ilkom UNS terdiri dari video, humas (public relations),  jurnalistik dan periklanan sedangkan Prodi ilmu komunikasi udinus memiliki spesialisasi ilmu jurnalistik, ilmu penyiaran, ilmu periklanan, public speaking, filmologi, sinematografi.

print

Share This: