Keunggulan Fisip

KEUNGGULAN FISIP, Menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  yang berorientasi pada Pembangunan Manusia Berdaya Saing Global Berbasis Local Wisdom.

Keungggulan dalam pendidikan dan kemahasiswaan dilakukan melalui  penyediaan tempat-tempat diskusi di taman terbuka, public space beserta jaringan hotspot.  Selain itu, telah dilakukan penambahan kuantitas dan kualitas perangkat laboratorium,  salah satunya  ketersediaan laboratorium TV standar TV broadcast dengan full HD support.  Telah berkembang beberapa UKM dengan prestasi nasional seperti Kine Club (organaisasi pecinta film dan apresiasi), FFC (Fisip Fotografi Club),  serta dikembangkan mata kuliah spesialisasi (misal Public Relation dengan spesialisasi Periklanan, Video, Jurnalistik, dan Radio) dimana mahasiswa bisa mengambil 3 spesialisasi yang memudahkan mereka terserap ke dunia kerja. Telah dikembangkan pula prod Perpustakaan.  Lulusan fisip dikenal dengan keunggulan nilai-nilai leadership  melalui berbagai pelatihan HMJ, UKM, Faka dll. Laboratorium yang ada sangat potensial untuk kegiatan layanan laur kampus dalam rangka peningkatan revenue generating seperti prodiksi alat peraga spembelajaran, company profile, karya dokumentasi dan video lain.

Pada prodi Ilmu Administrasi Negara telah dikembanagkan laboratorium bernama Laboratory for Governance Reform dengan fokus utama melakukan pendampingan kepakaran dalam penyusunan Policy Brief maupun riset kebijakan.  Pada prodi Hubungan Internasional telah dikembangkan Soft Power Diplomacy, salah satunya menggunakan media wayang.

Komunikasi terapan, dengan kurikulum terpadu untuk tiga peminatan: broadcasting, Humas, Iklan). Memiliki laboratorium audio visual, audio, fotografi dan editing yang lengkap dan memadai.  Didukung kegiatan magag dg industry dan magang. : produksi company profile dan Film pendek untuk kepentingan pendidikan dan promosi. Prodi MA:  mengembangkan administrasi urusan kantor dan saat ini mengembangkan keunggulan dalam administrasi eksport import yang didukung dg bidang kearsipan manual maupun otomatis.  Untuk mendukung PBM, bebeapa dosen telah menulis buku ber ISBN, antara lain: Bubarkan PBB (Sebuah Refleksi dan Solusi Alternatif, Media dan Komunikasi Kontemporer, Problem Perkotaan dan Konflik Sosial  Sebuah Perspektif Sosiologi; Isu Gender, Seksualitas dan Hak Azasi Manusia Dalam Administrasi Publik, Komunikasi Multikultural, Jurnalisme Komprehensif,  Menuju Model Resolusi Konflik Berbasis Governance, Pergeseran Paradigma Pembangunan Pemberdayaan Perempuan Menuju Pengarusutamaan Gender,  Pendidikan Anak Usia Dini di Kawasan Pemukiman Kumuh,  Pemilihan Umum Legislatif 2009 dan Media Massa, Manusia-manusia Paling Misterius di Dunia.

Keunggulan dalam riset dilakukan dengan mengembangkan grup-grup riset berdasarkan tema-tema: (1) Reformasi Pelayanan Publik Berbasis Human Governance; (2) Penguatan Komunikasi dan Media; (3) Pembangunan Demokrasi dan Civil Society – (Citizenship); (4) Penguatan Diplomasi dan Kerjasama Internasional; (5) Penguatan Hubungan Industrial; dan  (6)  Pengembangan Budaya dan Integrasi Sosial.

Riset unggulan yang telah dilakukan dalam 1 tahun terakhir antara lain: (1) Pemanfaatan IT dalam pengembangan kapasitas kelembagaan; (2) Pengurangan prostitusi Anak; (3) Budaya mendengarkan radio komunitas untuk kesehatan Ibu dan Anak; (4)  Krisis Sosial Kultural dalam Perubahan Identitas Bangsa; (5) Penguatan ideology Kebangsaan menuju Harmonisasi Sosial; (6) Pemberdayaan Kelembgaan Pemerintah Desa dan Penanggulangan Kemiskinan; (7) Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa dalam Perspektif Intergovernmental Relation (IGR), (8) Imajeri Kebangsaan Indonesia dalam Jagad Negara Kesatuan republic Indonesia.

Pada 4 tahun mendatang akan dkembangkan Tim QLT (Quantum Leap Transformation) untuk melakukan percepatan publikasi hasil riset melalui penyelenggaraan dan keikut sertaan dalam international conference, penulisan book chapter ataupun penulisan article bereputasi internastional.

Keunggulan dalam  Internasionalisasi dan Pencitraan Publik menjadi prioritas utama melalui penyelenggaraan seminar internasional, membuat MoU dengan 4 Lembaga bereputasi internastional dan colaborasi riset dan exchange program.

Laboratorium/Studio di bawah Program Studi di FISIP UNS terdiri dari:

  • Laboratorium Multi Media pada Prodi S1 Ilmu Komunikasi yang me­nyelenggarakan layanan praktikum untuk produksi isi media audio visual (televisi), radio, video, humas, iklan, fotografi dan surat kabar/ majalah.
  • Laboratorium Sosiologi (Lab. Sosio) pada prodi S1 Sosiologi yang menyelenggarakan kajian-kajian sosiologi, sebagai bagian dari misi ilmiah untuk berperan serta dalam pemecahan masalah-masalah pembangunan dan perubahan sosial; otonomi daerah; keteraturan dan integrasi sosial; ekonomi, budaya dan industri kreatif.
  • Laboratory for Public Governance Reform (Laboratorium Reformasi Tata Kelola Sektor Publik) pada prodi Ilmu Administrasi Negara yang dibentuk untuk memberi kontribusi bagi reformasi tata kelola sektor publik yang berorientasi global berbasis kearifan lokal me­lalui riset dan layanan masyarakat di bidang: reformasi organisasi dan manajemen publik, reformasi manajemen SDM dan budaya kerja birokrasi; reformasi kebijakan publik dan tata kelola peme­rintahan; dan pembangunan demokrasi dan civil society.
  • Laboratorium Soft Power Diplomacy dan Laboratorium Diplomatic Course. Soft Power Diplomacy, merupakan layanan akademik un­tuk mendukung kegiatan belajar mengajar, dan pengabdian ma­sya­ra­kat di kalangan mahasiswa dan dosen dalam bentuk konsul­tasi, edukasi dan sosialisasi kebijakan nasional pada umumnya, khususnya pencapaian kepentingan nasional Indonesia di arena global. Diplomatic Course  sebagai wahana untuk mendukung as­pek praktek praktis dan teoritis tata pergaulan internasional seper­ti: melakukan simulasi pemecahan masalah kerja sama dan perjan­jian internasional melalui percakapan dan teknik-teknik perun­ding­an internasional, simulasi teknik komunikasi interpersonal, negosiasi, lobi dalam forum-forum internasional. Untuk melaksanakan kegiatan pada laboratorium tersebut dibentuk: (1) Corner for European Studies; (2) Corner for Latin And American Studies; (3) Corner for Islamic World and Middle-East Studies; (4) Corner for Melanisian and South-East Asian Studies; dan (5) Corner for American Studies.

  1. Laboratorium/Studio di bawah Program Diploma

Pada Program Studi D3 Komunikasi Terapan dikembangkan dua buah laboratorium, yaitu:

  • Laboratorium Radio: menyelenggarakan layanan praktikum untuk mem-back-up materi kuliah jurnalistik radio, humas, iklan, serta pengembangan minat dan bakat mahasiswa bidang keradioan.
  • Laboratorium Editing Audio Visual: menyelenggarakan layanan editing gambar dan suara sebagai tindak lanjut (finishing) dari hasil praktikum mahasiswa di laboratorium audio visual.

Pada Program Studi D3 Manajemen Administrasi dikembangkan laboratorium Perkantoran Mini (Mini Office) dengan aktivitas menye­leng­gara­kan simulasi berbagai format perkantoran, tata administrasi, dan pengenalan tehnologi perkantoran modern.

Pada Program Studi D3  Perpustakaan dikembangkan  dua labo­ra­torium, yaitu:

  • Laboratorium Digital Library
  • Laboratorium Bibliografi

  1. Laboratorium di bawah Fakultas

Laboratorium ini merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan pada setiap Program Studi dalam pendidikan akademik (S1) dan/atau pendidikan vokasi (D3). Laboratorium/Studio dipimpin oleh dosen yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan spesifikasi laboratorium tertentu dan bertanggung jawab kepada Dekan. Laboratorium yang keberadaannya  di bawah Fakultas adalah Laboratorium Multi Media  dan ICT (Information Communication Tech­nology).  Laboratorium ini menyelenggarakan layanan praktikum untuk materi mata kuliah berbasis komputer multi media, seperti: jurnalistik, periklanan, kehumasan, analisis penelitian, analisis kebijakan publik dan manajemen publik, analisis sosiologis, desain grafis, aplikasi dasar komputer, dan sebagainya.

print

Share This: