Pelaksana Akademik

  1. Program Studi

Program Studi (Prodi) adalah unsur pelaksana Fakultas di bidang studi tertentu yang berada di bawah Dekan. Prodi dipimpin oleh se­orang Kepala Prodi yang dipilih dari antara Dosen menurut peraturan perundangan yang berlaku. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari, Kepala Prodi mengkoordinasikan seluruh kegiatan Tri Dharma Pergu­ruan Tinggi pada prodinya masing-masing.

FISIP UNS memiliki 7 (tujuh) program studi meliputi 4 (empat) Program Studi pada jenjang S1 dan 3 (tiga) program Studi pada jenjang Diploma.  Selain itu, FISIP UNS mengembangkan program magister (jen­jang S2) yang secara administratif dikelola oleh Program Pascasarjana UNS.  Gambaran tentang program studi yang dikembangkan FISIP UNS dapat dilihat pada tabel 1.

Tabel 1:  Program Studi Menurut Jenjang dan Peminatan Utama

 

No Jenjang Program Studi Peminatan Utama
(1) (2) (3) (4)
1 S1 Ilmu Administrasi Negara ·     Kebijakan Publik

·     Manajemen Publik

·     Administrasi Pembangunan

2 S1 Ilmu Komunikasi ·      Jurnalistik (wajib)

·     Public Relations/ Advertising (memilih salah satu)

·     Radio/Video (memilih salah satu)

3 S1 Sosiologi Sosiologi
4 S1 Hubungan Internasional ·      Politik Kerjasama Internasional

·      Komunikasi Internasional dan Diplomasi Publik

5 D3 Komunikasi Terapan ·     Penyiaran (Broadcasting)

·     Periklanan (Advertising)

·     Hubungan Masyarakat (Public Relations)

6 D3 Manajemen Administrasi Manajemen Administrasi
7 D3 Perpustakaan Perpustakaan
8 S2 Magister Ilmu Administrasi Publik Magister Administrasi Publik
9 S2 Magister Ilmu Komunikasi ·      Riset dan Pengembangan Teori Komunikasi

·      Manajemen Komunikasi

10 S2 Magister Sosiologi Sosiologi

 


Laboratorium/Studio

 

FISIP UNS memiliki Laboratorium/Studio yang keberadaannya di bawah  Program Studi dan Fakultas.

 

  1. Laboratorium/Studio di bawah Program Studi

Laboratorium/Studio ini merupakan perangkat penunjang pelak­sanaan pendidikan pada Program Studi dalam pendidikan akademik (S1) dan/atau vokasi (D3). Laboratorium/Studio dipimpin oleh dosen yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan spesi­fikasi laboratorium/studio tertentu dan bertanggung jawab kepada Ketua Program Studi.

Laboratorium/Studio di bawah Program Studi di FISIP UNS terdiri dari:

  • Laboratorium Multi Media pada Prodi S1 Ilmu Komunikasi yang me­nyelenggarakan layanan praktikum untuk produksi isi media audio visual (televisi), radio, video, humas, iklan, fotografi dan surat kabar/ majalah.
  • Laboratorium Sosiologi (Lab. Sosio) pada prodi S1 Sosiologi yang menyelenggarakan kajian-kajian sosiologi, sebagai bagian dari misi ilmiah untuk berperan serta dalam pemecahan masalah-masalah pembangunan dan perubahan sosial; otonomi daerah; keteraturan dan integrasi sosial; ekonomi, budaya dan industri kreatif.
  • Laboratory for Public Governance Reform (Laboratorium Reformasi Tata Kelola Sektor Publik) pada prodi Ilmu Administrasi Negara yang dibentuk untuk memberi kontribusi bagi reformasi tata kelola sektor publik yang berorientasi global berbasis kearifan lokal me­lalui riset dan layanan masyarakat di bidang: reformasi organisasi dan manajemen publik, reformasi manajemen SDM dan budaya kerja birokrasi; reformasi kebijakan publik dan tata kelola peme­rintahan; dan pembangunan demokrasi dan civil society.
  • Laboratorium Soft Power Diplomacy dan Laboratorium Diplomatic Course. Soft Power Diplomacy, merupakan layanan akademik un­tuk mendukung kegiatan belajar mengajar, dan pengabdian ma­sya­ra­kat di kalangan mahasiswa dan dosen dalam bentuk konsul­tasi, edukasi dan sosialisasi kebijakan nasional pada umumnya, khususnya pencapaian kepentingan nasional Indonesia di arena global. Diplomatic Course  sebagai wahana untuk mendukung as­pek praktek praktis dan teoritis tata pergaulan internasional seper­ti: melakukan simulasi pemecahan masalah kerja sama dan perjan­jian internasional melalui percakapan dan teknik-teknik perun­ding­an internasional, simulasi teknik komunikasi interpersonal, negosiasi, lobi dalam forum-forum internasional. Untuk melaksanakan kegiatan pada laboratorium tersebut dibentuk: (1) Corner for European Studies; (2) Corner for Latin And American Studies; (3) Corner for Islamic World and Middle-East Studies; (4) Corner for Melanisian and South-East Asian Studies; dan (5) Corner for American Studies.
  1. Laboratorium/Studio di bawah Program Diploma

Pada Program Studi D3 Komunikasi Terapan dikembangkan dua buah laboratorium, yaitu:

  • Laboratorium Radio: menyelenggarakan layanan praktikum untuk mem-back-up materi kuliah jurnalistik radio, humas, iklan, serta pengembangan minat dan bakat mahasiswa bidang keradioan.
  • Laboratorium Editing Audio Visual: menyelenggarakan layanan editing gambar dan suara sebagai tindak lanjut (finishing) dari hasil praktikum mahasiswa di laboratorium audio visual.

Pada Program Studi D3 Manajemen Administrasi dikembangkan laboratorium Perkantoran Mini (Mini Office) dengan aktivitas menye­leng­gara­kan simulasi berbagai format perkantoran, tata administrasi, dan pengenalan tehnologi perkantoran modern.

Pada Program Studi D3  Perpustakaan dikembangkan  dua labo­ra­torium, yaitu:

  • Laboratorium Digital Library
  • Laboratorium Bibliografi
  1. Laboratorium di bawah Fakultas

Laboratorium ini merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan pada setiap Program Studi dalam pendidikan akademik (S1) dan/atau pendidikan vokasi (D3). Laboratorium/Studio dipimpin oleh dosen yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan spesifikasi laboratorium tertentu dan bertanggung jawab kepada Dekan. Laboratorium yang keberadaannya  di bawah Fakultas adalah Laboratorium Multi Media  dan ICT (Information Communication Tech­nology).  Laboratorium ini menyelenggarakan layanan praktikum untuk materi mata kuliah berbasis komputer multi media, seperti: jurnalistik, periklanan, kehumasan, analisis penelitian, analisis kebijakan publik dan manajemen publik, analisis sosiologis, desain grafis, aplikasi dasar komputer, dan sebagainya.

  1. Grup Riset

Untuk  mewujudkan tatakelola penyelenggaraan   kegiatan  pe­ne­litian   dan  pengabdian kepada  masyarakat  (P2M)  di Universitas Sebelas Maret  yang lebih baik dan berkualitas dalam pengem­bangan ilmu dan kesejahteraan   masyarakat,  FISIP UNS  membentuk  grup riset berdasarkan Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret No: 1105/UN27.05/PN/2014 Tentang Pengangkatan Grup Riset Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Uni­versitas Sebelas Maret Periode Februari 2014–Februari 2016. Berdasar­kan Keputusan Dekan tersebut, terdapat 10 grup riset, dengan orien­tasi kegiatan penelitian dan pengabdian yang berbeda-beda sesuai kompetensi dan peminatannya.  Nama grup riset beserta koordinator dan fokus kajian digambarkan pada Tabel 2.

Berdasarkan diskusi intensif bersama seluruh dosen, koordinator grup riset dan pimpinan program studi maupun pimpinan fakultas telah disepakati bersama bahwa unggulan FISIP UNS adalah “Pembangunan Manusia berdaya Saing Global berbasis Local Wisdom”.  Tema-tema yang dikembangkan untuk mewujudkan keunggulan tersebut adalah:

  1. a. Reformasi Pelayanan Publik berbasis Human Governance
  2. b. Penguatan Komunikasi dan Media
  3. c. Pembangunan Demokrasi dan Civil Society (Citizenship)
  4. d. Penguatan Diplomasi dan Kerjasama Internasional
  5. e. Penguatan Hubungan Industrial
  6. f. Pengembangan Budaya dan Integrasi Sosial.

Tabel 2:  Grup Riset Pada FISIP UNS

No Nama Grup Riset Fokus Kajian Koordinator
 Prodi  Ilmu Administrasi Negara
1 Pelayanan Publik Berbasis Human Governance Organisasi dan Manajemen Pelayanan  Publik; Manajemen SDM, Etika dan  Budaya Kerja; Regulasi Dan Tata Kelola Pelayanan Publik (Good Governance) terkait  gender dan perempuan, anak, difable, dan kemiskinan Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si.
2 Dialektika Governance Government dan Governance Approach; Inklusifitas dalam Kebijakan dan Pelayanan Publik; Public Accountability Drs. Sudarmo, M.A., Ph.D.
Prodi Ilmu Komunikasi
3 Peran, Pengelolaan dan Pemanfaatan Komunikasi Peran, Pengelolaan dan Pemanfaatan Media Prof. Drs. Pawito, Ph.D.
4 Media, Khalayak Dan Sistim Sosial Budaya Struktur & Isi Media; Media & Khalayak; Media dan Sistem Sosial Budaya Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D.
Prodi Sosiologi
5 Pembangunan Dan Perubahan Sosial Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Pariwisata, Perempuan dan Anak, Perubahan Sosial Ekonomi dan Budaya Dr. Argyo Demartoto, M.Si.
6 Desentralisasi Dan Otonomi Daerah Kebijakan publik, regulasi, perencanaan dan pelaksanaan program dan manfaat program bagi kesejahteraan masyarakat dengan subyek kajian meliputi: Kedudukan dan peran, nilai dan norma/ regulasi, interaksi sosial antara Masyarakat, Pemerintah (Daerah), Legislatif, dan pihak swasta untuk mewujudkan good governance serta kesejahteraan masyarakat Prof. Dr. R.B. Soemanto, M.A.
7 Keteraturan Dan Integrasi Sosial Pemetaan Potensi Integrasi /Dis-Integrasi antar Etnis; Agama; Antar golongan Dr.Drs. Bagus Haryono, M.Si.
8 Seni, Budaya, Dan Industri Kreatif Baseline studi tentang Seni, Budaya, dan Industri Kreatif serta pengembangannya dalam pariwisata Dr. Mahendra Wijaya, M.S.
Prodi Hubungan Internasional
9 Soft Power Diplomacy Komunikasi Budaya Sebagai Basis Diplomasi Indonesia, Peran Komunitas Keagamaan dalam Mewujudkan Perdamaian di ASEAN, Pendidikan Lintas Bangsa Sebagai Upaya Menjaga Kerukunan Hidup Berdampingan Secara Damai; Diplomasi Bisnis Untuk Menciptakan Iklim Persaingan Yang Sehat Prof. Dr. H. Andrik Purwasito, DEA.

Untuk mengoptimalkan peran grup riset, pada tingkat fakultas dibentuk koordinator Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

print

Share This: