Tentang FISIP UNS

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) berdiri pada tahun 1976, bersamaan dengan peresmian berdiri­nya Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1976 Tentang Pendirian Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, tanggal 8 Maret 1976. Berdasarkan Struktur Organisasi dan Tata Kerja yang Baru,  FISIP UNS merupakan  salah satu dari 10 fakultas yang ada di UNS yang  memiliki sarana dan prasana penunjang proses pembelajaran di FISIP UNS.

Saat ini FISIP UNS memiliki 4 Gedung. Gedung 1 lantai 1 digunakan sebagai Ruang  perkantoran baik Ruang tata usaha maupun Ruang  program studi, dan di lantai 2 digunakan sebagai ruang pertemuan, ruang pimpinan dan Guru Besar. Gedung 2 dan 3 digunakan sebagai ruang perkuliahan dan gedung  4 dipusatkan sebagai laboratorium terpadu FISIP UNS.

FISIP UNS juga  memberi kemudahan bagi semua civitas akademik  untuk bisa mengakses internet di seluruh lingkungan kampus FISIP  dalam range area hotspot, baik menggunakan PC, laptop, note book atau perangkat lainnya dengan fitur yang ada WiFi (Wireless Fidelity) sehingga dapat mengakses internet tanpa media kabel. Sebarannya dapat terjangkau di lingkup kampus dimana civitas sebagai client dapat terhubung dengan internet secara wireless (nirkabel atau tanpa kabel) dari PC, Laptop, note book ataupun gadget seperti handphone dalam jangkauan radius dari kekuatan frekuensi atau signalnya.

Untuk mewujudkan FISIP UNS yang hijau, Jajaran Pimpinan FISIP UNS mendukung sepenuhnya program universitas yaitu Program Green Campus yaitu salah  satu gerakan Go Green untuk mengatasi pemanasan global yang diterapkan pada wilayah kampus. Program Green Campus dapat menjadikan kampus sebagai tempat yang nyaman, bersih, teduh, dan sehat untuk menuntut ilmu. Green Campus memiliki tiga aspek yang saling berhubungan dan diperlukan keseimbangan dalam pelaksanaannya, yaitu Green Building, Green Place, dan Green Behavior.

Green Building meliputi material dan proses bangunan, pengolahan limbah, serta bebas polusi udara dan suara. Konsep Green Building belum sepenuhnya diterapkan dalam lingkungan FISIP UNS yang hanya memiliki 1 gedung bertingkat 5, sedangkan konsep Green Building yang ditetapkan oleh UNS minimal 8 lantai.  Konsep ini dilatarbelakangi oleh adanya keterbatasan lahan, sehingga diperlukan  aplikas taman vertikal pada dinding-dinding  gedung atau bahkan menerapkan taman pada fasad gedung sehingga terlihat lebih menarik, unik, dan menyejukkan mata.

Green place  dan green behavior diaplikasikan oleh FISIP UNS dengan adanya ruang-ruang terbuka hijau di sekitar 3 4 gedung yang dimiliki oleh FISIP UNS dengan tanaman yang tinggi menjulang dan taman-taman yang ditata apik dengan tempat duduk yang banyak dimanfaatkan sebagai tempat diskusi  semua sivitas akademik FISIP UNS. Dan tempat-tempat tersebut saat ini menjadi tempat favorit, murah dan menyenangkan. Seperti  contohnya hutan FISIP yang terletak di sebelah barat  dan timur Gedung 2, 3 ruang terbuka (Public Space) yang terletak di gedung 1 dan gedung 3 serta arena parker yang teduh dipayungi pohon-pohon tinggi menjulang.

 FISIP UNS juga dilengkapi ruang-ruang inovasi dan kreatifitas mahasiswa yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) dari  semua program studi yang ada di FISIP UNS, tak lupa disetiap lantainya disediakan ruang beribadah atau musholla kecil mengingat  waktu dan tempat peribadatan yang khusus dan tepat waktunya.

print