Pimpinan

Fakultas adalah unsur pelaksana akademik yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi universitas (UNS) dan berada di bawah Rektor. Fakultas mempunyai tugas mengkoordinasikan dan atau melaksanakan pendidikan akademik dan atau profesional dalam satu atau seperangkat cabang ilmu pengetahuan, teknologi dan atau ke­senian tertentu.

Sebagai salah satu dari sepuluh Fakultas di lingkungan UNS, FISIP UNS mempunyai fungsi:

  1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan;
  2. Melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau kesenian;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Melaksanakan pembinaan civitas akademika;
  5. Melaksanakan urusan dan tata usaha fakultas.

Fakultas dipimpin oleh Dekan dengan tugas memimpin penye­leng­garaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyara­kat, membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi dan administrasi fakultas. Dekan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan dalam melaksanakan tugas sehari-hari, Dekan dibantu oleh tiga orang Wakil Dekan, yang bertanggung jawab langsung kepada Dekan. Wakil Dekan terdiri dari:

  1. Wakil Dekan Bidang  Akademik,  mempunyai tugas membantu De­kan dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk  melaksanakan  tugas  terse­but, Wakil Dekan Bidang Akademik  mempunyai fungsi:
  2. Perencanaan, pelaksanaan, dan pengembangan pendidikan;
  3. Pembinaan tenaga pengajar dan tenaga peneliti;
  4. Penyusunan program bagi usaha pengembangan daya penalaran mahasiswa;
  5. Perencanaan dan pelaksanaan kerjasama pendidikan dan pene­litian dengan semua unsur pelaksana di lingkungan UNS;
  6. Pengelolaan data yang menyangkut pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang masing-masing;
  7. Kerjasama dengan semua unsur pelaksana di lingkungan UNS dalam setiap usaha di bidang pengabdian pada masyarakat serta usaha penunjangnya.
  1. Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, mempunyai tugas membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang perencanaan,keuangan, administrasi umum dan sistem informasi. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan mempunyai fungsi:
  2. Perencanaan;
  3. Pengelolaan keuangan;
  4. Pengurusan kepegawaian;
  5. Pengelolaan perlengkapan;
  6. Pengurusan kerumahtanggaan dan pemeliharaan ketertiban;
  7. Pengurusan ketatausahaan;
  8. Penyelenggaraan hubungan masyarakat;
  9. Pengelolaan sistem informasi.
  1. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, mempunyai tu­gas membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang kemahasiswaan dan alumni. Untuk melaksanakan tugas ter­sebut, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mempunyai fungsi :
  2. Pelaksanaan pembinaan mahasiswa oleh seluruh tenaga pendi­dik dalam pengembangan sikap dan orientasi serta kegiatan mahasiswa antara lain dalam seni budaya dan olahraga sebagai bagian pembinaan civitas akademika yang merupakan sebagian dari tugas pendidikan tinggi pada umumnya;
  3. Pelaksanaan usaha kesejahteraan mahasiswa serta usaha bim­bing­an dan penyuluhan bagi mahasiswa;
  4. Pelaksanaan usaha pengembangan daya penalaran mahasiswa yang diprogramkan oleh Pembantu Dekan I;
  5. Penciptaan iklim pendidikan yang baik dalam kampus dan pelak­sa­naan program pembinaan pemeliharaan kesatuan dan persa­tuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  6. Mengembangkan kerjasama dengan alumni.
print

Share This: